Hit Enter to search or Esc key to close
Kopi Pangalengan

Pangalengan Surganya Pecinta Kopi

Pangalengan Surganya Pecinta Kopi

Kopi Pangalengan , ,

Untuk sobat traveler pecinta kopi, sempatkan wisata kopi ke Pangalengan di Kabupaten Bandung. Cicipi kopi lokalnya sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Pangalengan, Kabupaten Bandung terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi dan teh. Tak banyak yang tahu bahwa Pangalengan juga memiliki hasil perkebunan lain yaitu kopi. Terletak di ketinggian 1.000-1.400 mdpl membuat tanah di sekitar Pangalengan cocok untuk bertanam kopi arabika. Koperasi Produsen Kopi Margamulya (KPKM) bentuk kerjasama petani kopi di Desa Margamulya, Pangalengan. Koperasi ini terkenal dengan produk Kopi Gunung Tilu, karena perkebunan mereka ada di daerah Gunung Tilu.

Jenis Kopi Arabika Java Preanger andalan dari koperasi tersebut. Kopi Java Preanger sendiri telah tersohor di kalangan bangsawan Eropa sejak Pemerintahan Hindia Belanda. Java Preanger menjadi andalan di koperasi tersebut, karena kopi ini bibitnya langsung dibawa dari induk terbaik di Kenya, tanpa tersebar dulu di lokasi lainnya. Sementara kopi jenis lain dari provinsi di luar Jawa Barat sempat tersebar dulu sebelum dibudidayakan di daerahnya. Untuk sobat traveler pecinta dan penikmat kopi wajib mencicipi kopi di sini. Suasana yang dingin dan berkabut sambal ditemani secangkir kopi dan pemandangan yang hijau nan indah. Pastinya pemandangan dan suasana yang tidak bisa didapatkan di kafe lain.

Rasa kopi yang nikmat dan tak terasa pahit walau tanpa gula akan menambah rasa syahdu dan melupakan sejenak penatnya aktivitas sehari-hari. Tak perlu khawatir, Coffee Shop Gunung Tilu juga menyediakan fasilitas free wifi bagi pengunjung yang membeli kopi. Dalam waktu dekat ini, KPKM juga akan membuka toko kopi dan oleh-oleh khas Pangalengan. Nah itu dia ulasan mengenai kopi pangalengan, menarik bukan ? untuk sobat traveler yang memiliki ulasan lain bisa tambahkan di kolom komentar yang ada di bawah.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

83 views