Hit Enter to search or Esc key to close
Kampung Adat Jawa Barat

Destinasi Wisata Kampung Adat di Jawa Barat

Destinasi Wisata Kampung Adat di Jawa Barat

Kampung Adat Jawa Barat ,

4. Kampung Adat Ciptagelar – Sukabumi

kampung adat ciptagelarMengunjungi Sukabumi untuk berlibur di Pelabuhan Ratu? Sesekali coba, deh, datang ke Kampung Adat Ciptagelar yang letaknya enggak jauh dari Pelabuhan Ratu. Di sini sobat traveler bisa menikmati hijaunya persawahan serta sejuknya udara dari Gunung Halimun. Salah satu adat istiadat unik di sini adalah beras dibagikan secara cuma-cuma ke penduduk kampung ataupun pendatang yang berkunjung. Bagi mereka, menjual beras sama artinya dengan menjual kehidupan. Jadi, beras yang dihasilkan oleh sawah penduduk dikumpulkan di lumbung padi desa dan dibagikan secara adil ke setiap penduduk. Di kampung ini ada lebih dari 30 upacara adat setiap tahunnya, yang paling ramai adalah upacara adat Seren Taun yang diadakan pada awal September sebagai ungkapan syukur atas hasil panen.

5. Kampung Adat Sirna Resmi (Sukabumi)

kampung adat sinar resmiSecara administratif Desa Sirnaresmi berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Desa Sirnaresmi berada pada ketinggian yang bervariasi antara 300-600 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan bentuk permukaan bumi yang berbukit dan bergunung-gunung serta memiliki kemiringan lereng berkisar antara 25-45 derajat.

Sebagian besar warga Desa Sirnaresmi bekerja sebagai buruh tani di sawah atau di ladang. Di antara mereka ada juga yang mempunyai pekerjaan sampingan seperti pengrajin, penyadap nira, pengukir bedog (golok), dan pandai besi.

6. Kampung Adat Cireundeu (Cimahi)

kampung adat cireundeuKampung Cireundeu terletak di lembah Gunung Kunci, Gunung Cimenteng, dan Gunung Gajahlangu. Secara administratif Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Sebagian besar masyarakatnya menganut dan memegang teguh kepercayaan yang disebut Sunda Wiwitan. Ajaran Sunda Wiwitan ini pertama kali dibawa oleh Pangeran Madrais dari Cigugur, Kuningan pada tahun 1918

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

54 views