Hit Enter to search or Esc key to close
Jawa Barat

21 Oleh-Oleh Khas Jawa Barat Yang Wajib di Beli

21 Oleh-Oleh Khas Jawa Barat Yang Wajib di Beli

Jawa Barat

17. Kopi Aroma

kopi aromaPernahkah membayangkan kopi yang terbuat dari biji kopi yang telah disimpan selama lima hingga delapan tahun? Ternyata kopi Aroma adalah merek kopi yang melakukan teknik tersebut. Upaya penyimpanan biji kopi selama itu dilakukan agar tingkat keasaman kopi memudar sehingga peminumnya tidak akan merasakan kembung lagi.

Oleh-oleh khas Bandung dengan merek Koffie Fabriek Aroma ini telah ada sejak 1930 sehingga kualitasnya telah teruji. Bahkan dalam pembuatan kopinya dilakukan dengan menggunakan bahan bakar kayu karet dan mesin pembakarannya juga dibuat tahun 1930 asal eropa bermerek Roaster.

Rasanya yang enak dan khas tersebut hadir berkat cara pengelohan yang unik dan penyimpan yang lama. Harganya beragam, mulai dari 27 ribu sampai 33 ribu untuk ukuran 250 gram. Datang saja ke Jalan Banceuy Nomor 51 Bandung untuk membelinya, namun jangan sampai melebihi 5 kg.

18. Picnic Roll

picnic rollPicnic roll adalah olahan unik dengan bentuk memanjang dari Bandung yang dapat ditemukan di Kedai Prima Rasa Bandung. Kedai tersebut menyediakan picnic roll yang dibuat menggunakan daging yang dicincang kemudian ditambah dengan bumbu lalu ditambah lagi dengan telur rebus dan dimasukkan kedalam kulit pastry.

Sebelum dimakan, perpaduan itu harus terlebih dahulu dipanggang sampai warnanya agak coklat. Daging yang digunakan untuk membuatnya ada 2 macam, yaitu dari daging ayam dan daging sapi. Adanya telur dan daging yang banyak, tak salah jika makanan berjenis roll ini kaya akan protein, sehingga akan cocok untuk perkembangan otot.

Untuk bisa mendapatkan satu porsi oleh-oleh ciri khas Bandung berupa picnic roll, datang saja ke toko Prima Rasa dengan pusatnya yang berada di Jl. Kemuning, Bandung. Atau bila lokasinya yang terlalu jauh, bisa datang ke salah satu cabangnya di Jalan Pasir Kaliki. Di sana juga ada banyak cake yang bisa dinikmati dengan rasa yang enak pula, seperti pudding mouse, brownies, dan mousse cake.

19. Gepuk

gepuk bandungGepuk merupakan oleh-oleh khas Bandung yang paling enak yang dibuat dengan bahan dasar daging. Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu merebus daging sapi sampai matang yang nantinya akan dipukul sampai melebar lalu ditusuk menggunakan lidi.

Setelah siap, maka hasilnya tadi siap direbus menggunakan santan dan bumbu rempah-rempah. Sebelum itu, agar bisa dimakan maka harus terlebih dahulu digoreng lalu bisa dihidangkan bersama dengan sepiring nasi. Rasa yang ditawarkan oleh Gepuk karya Ny. Yong adalah rasa pedas dan manis, ada juga remukan hasil pukulan dari gepuk yang juga dijual.

Jika ingin membelinya secara satuan, maka kalian harus merogoh dompet sebesar 9 ribu rupiah dan jika membelinya dalam bentuk wadahan dengan isi 5 atau 10 potong gepuk, maka harganya lebih minim. Jika ingin membelinya, langsung saja menuju Jalan Pasundan No. 15, Bandung atau beberapa cabangnya yang tersebar mulai dari Jl. Setiabudi, Jl. Sawo, dan Jl. Kebon Jukut.

20. Rujak Cireng

rujak cirengCireng adalah cemilan yang dibuat menggunakan tepung kanji yang digoreng dan biasanya disajikan dengan saus untuk menambah nikmat rasanya. Sedangkan rujak adalah jajanan yang terdiri dari berbagai buah segar yang juga dimakan dengan bumbu rujak yang khas. Namun bagaimana jadinya jika cireng dipadukan dengan bumbu rujak yang rasanya asam, manis, pedas itu ? Tentu rasanya akan sangat nikmat, itulah yang dihadirkan oleh rujak cireng dari Bandung.

Cireng yang memiliki rasa gurih dan setelah di goreng sangat crunchy, kemudian ada tambahan bumbu rujak, maka akan membuat siapa saja menikmatinya. Ada beberapa varian rujak cireng yakni yang biasa dan ada juga varian lain yaitu cireng salju dan kerupuk cireng yang sama-sama dipadukan dengan bumbu atau sambal rujak. Harganya beragam, mulai dari 7 ribu sampai ada yang 21 ribu dalam satu kemasan.

21. Batagor

batagorBatagor merupakan kependekan dari bakso tahu goreng yang dimakan dengan saus sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Pembuatan batagor dibuat dengan tepung tapioka kemudian digoreng sehingga seperti bakso, namun biasanya ditambah dengan tahu pada satu paket batagor yang dipotong seperti dadu kecil.

Di Bandung sebagai kota kelahirannya, terdapat banyak sekali kedai yang menjual batagor dengan bahan, variasi, kerenyahan, dan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Namun ada beberapa gerai yang menyediakan batagor dengan rasa yang lebih enak yaitu pada Batagor Kingsley (Jalan Veteran), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Isan (Jalan Bojongloa), dan Batagor Abun (Jalan Lengkong).

Rata-rata harga setiap kedai adalah 6 ribu rupiah per paket batagor, ada juga yang dijual setengah matang agar nantinya bisa digoreng di rumah sebagai oleh-oleh khas kota Bandung. Jika tidak ada yang menyediakan setengah matang, minta saja digoreng setengah matang dengan bumbu terpisah agar bisa digoreng di rumah.

Itu dia beberapa oleh-oleh khas Jawa Barat yang wajib anda beli untuk orang yang anda sayangi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

50 views