Hit Enter to search or Esc key to close
Jawa Barat

21 Oleh-Oleh Khas Jawa Barat Yang Wajib di Beli

21 Oleh-Oleh Khas Jawa Barat Yang Wajib di Beli

Jawa Barat

13. Rengginang

rengginangRengginang juga bisa sobat traveler dapatkan di daerah lain Indonesia, namun rengginang asal Jawa Barat biasanya tidak hanya dibuat dari beras ketan yang dikeringkan, namun juga dicampur dengan terasi untuk memberikan rasa gurih yang khas. Jenis kerupuk yang melegenda ini rasanya begitu kres dan kriuk, cocok untuk teman minum teh atau kopi di pagi atau sore hari.

Rengginang sendiri biasanya dijual dalam dua bentuk; mentah dan matang. Namun sekarang lebih banyak pembeli yang menyukai rengginang yang sudah matang, karena lebih praktis, tinggal dimakan tanpa perlu usaha menggoreng terlebih dahulu.

14. Kerupuk Melarat

kerupuk melaratApa yang terbayang di benak sobat traveler ketika mendengar nama kerupuk ini? Mungkin perasaan aneh dan miris. Tahukah kenapa kerupuk ini dinamakan kerupuk melarat? Tidak lain karena awalnya kerupuk ini dibuat oleh orang-orang yang hidupnya kesusahan. Mereka tidak sanggup membeli minyak untuk menggoreng kerupuk buatannya, hingga akhirnya kerupuk tersebut digoreng dengan pasir. Ternyata usia kerupuk ini sudah sangat uzur lo, ditemukan sejak 1920an dan awalnya bernama kerupuk mares.

Mares sendiri merupakan singkatan dari lemah ngeres yang mengacu pada pasir itu sendiri. Kerupuk penuh warna ini mulai dijual di jalur pantura dan menjadi komoditi utama para penduduk di wilayah ini. Dilengkapi dengan sambal asam, kerupuk sederhana ini menjadi legenda dan buah tangan yang tidak boleh ketinggalan saat sobat traveler mengunjungi Cirebon.

15. Souvenir Wayang Golek

wayang golekDi jalan H. Akbar no. 10 ada galeri dengan isinya berbagai macam wayang golek, topeng, gantungan kunci, alat permainan tradisional, dan souvenir lain yang dibuat langsung secara manual. Galeri tersebut bernama Cupumanik yang kini menjual oleh-oleh khas Bandung selain makan berbentuk souvenir dengan tema wayang dan barang tradisional. Lokasinya ada di dekat toko kue Kartika Sari.

Untuk membantu pembuatan barang-barang tersebut, Cupumanik memperkerjakan 40 karyawan dengan tugas beragam. Tetapi yang paling banyak adalah Karyawan yang membuat wayang dari kayu albasiah (lame) dengan ukuran kecil mulai dari 15 cm bahkan ada yang sangat besar dengan ketinggian 2 meter.

Untuk yang ukuran kecil ditempatkan pada wadah kotak plastik sedangkan yang ukurannya sedang sampai besar dimasukkan pada kotak kaca. Harga satuan dari buah tangan yang Indonesia banget tersebut dibanderol mulai dari Rp. 50.000 sampai 30 juta tergantung dari besar kecil dan kerumitan dalam pembuatannya.

16. Donat Madu

donat maduBosan dengan donat yang rasanya seperti itu-itu saja? Cobalah membeli oleh-oleh khas Bandungan berupa Donat Madu Cihanjuang yang berbeda dari kebanyakan donat. Seperti namanya, rasa dari donat ini sudah pasti akan sangat manis karena terdapat madu. Belum lagi dengan adanya berbagai hiasan atau topping cantik yang rasanya juga manis.

Kelebihan dari makanan dengan bagian tengahnya yang bolong dan selalu berbentuk bulat dengan merek Cihanjuang tersebut selain madu adalah rasanya yang agak kenyal bahkan ada rasa gurih. Penambahan madu yang dilakukan pada produk tersebut dimaksudkan agar konsumen mendapat manfaat dari madu dan agar penderita diabetes tidak merasa takut dengan makanan manis.

Kedai yang dapat dijumpai di Jalan Cihanjuang, Cimahi itu, memiliki banyak varian rasa, misalnya saja cokelat, choco crispy, lemon, almond, abon durian, pisang, dan lainnya. Donat dengan kualitas premium ini dihargai dengan harga 5 ribu rupiah untuk setiap satuannya. Jika memborongnya dalam jumlah besar, sobat traveler bisa dapat berbagai promo, jadi lebih baik membeli banyak daripada satu-satu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

50 views